Peraturan Program Studi.

SKRIPSI.

Skripsi adalah karya ilmiah berdasarkan  penelitian yang wajib dibuat oleh seorang calon sarjana teknik strata – 1. Selain sebagai persayaratan, skripsi merupakan pelatihan terakhir dan sekaligus untuk menguji mahasiswa (calon sarjana) atas pemahaman dan memanfaatkan secara tepat teori-teori yang telah didapatkan dibangku kuliah

Tujuan 

  1. Mahasiswa mampu untuk menangani penelitian dan pengembangan dalam aplikasi sains dan teknologi
  2. Mahasiswa mampu untuk mengidentifikasikan, menganalisis, dan mengevaluasi sistem integral, sekaligus malakukan perancangan perbaikan atas pemecahan masalah, atau suatu fenomena.
  3. Mahasiswa mampu menerapkan asas-asas efisiensi, efektifitas, dan optimasi sumber-sumber dan proses manufaktur dalam sistem integral.
  4. Mahasiswa mampu untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu sistem integral.

 

Bentuk, Materi dan Output Skripsi

  1. Bentuk Skripsi berupa karya ilmiah yang didasarkan pada hasil Penelitian, bisa berbentuk Problem Solving, Research untuk menemukan sesuatu atau membuat Standarisasi, Perancangan Produk, Perancangan Sistem, dan Pengembangan Model
  2. Materi Skripsi terdiri dari 6 ( enam) bahasan yang mencakup:
  • Bagian I : merupakan pendahuluan yang menguraikan tentang konteks penelitian (latar belakang ), Fokus penelitian ( dapat dirinci menjadi rumusan masalah dan  tujuan penelitian ), Lokasi penelitian.
  • Bagian II : merupakan Landasan Teori dan  Kajian pustaka yang melandasi phenomena yang diteliti dengan teori teori  yang terkait. Tidak  hanya sekedar memindahkan isi dari  suatu buku /karangan lain, tetapi peneliti juga harus  mampu untuk menyajikannya secara sistematis antara teori yang satu dengan yang lainnya sehingga merupakan satu kesatuan alat (tool) untuk menganalisis suatu permasalahan (membangun sintesa)
  • Bagian III   : Metodologi Penelitian.
  • Bagian IV    : Pengumpulan  dan Pengolahan Data
  • Bagian V      : Pembahasan
  • Bagian VI    :  Penutup

      3. Output Skripsi : Laporan Hasil Penelitian (Skripsi)an atau Rancang bangun Teknologi Tepat Guna CATATAN  Untuk menyingkat waktu, permasalahan yang dibahas bisa diambil dari hasil PKN yang telah dilakukan (melanjutkan langkah-langkah pemecahan masalah yang telah disusun pada laporan PKN). Meskipun demikian dalam Skripsi harus tetap disajikan semua materi sesuai dengan yang diuraikan di atas.

Persyaratan Pengambilan Skripsi

  1. Telah menyelesaikan dan menyerahkan Laporan Praktek Kerja Nyata dan semua parktikum yang dipersyaratkan.
  2. Telah menempuh 129 sks dengan Indeks Prestasi ≥ 2,75
  3. Skripsi harus didasarkan dari hasil penelitian (pengamatan) pada sistem nyata pada industri jasa maupun manufaktur serta fenomena-fenomena umum .
  4. Telah menyelesaikan persyaratan administrasi serta mengisi Formulir pengajuan skripsi

 

t-industri-s1-kurikulum-2014-2019-final-compatibility-mode-microsoft-word_2