Warga dan Wisatawan Ikuti Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring

Umumnya kegiatan pelatihan diselenggarakan di dalam ruangan dengan tempat duduk yang nyaman, namun kali ini ada pelatihan pembuatan sabun pencuci piring di pantai. Tentu saja yang mengikuti pelatihan selain warga sekitar ada juga wisatawan yang kebetulan berwisata di pantai tersebut.

Pelatihan pembuatan sabun pencuci piring ini merupakan kegiatan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) S1 ITN Malang. Mereka menggelar pelatihan di Pantai Clungup yang merupakan kawasan konservasi Mangrove (Clungup Mangrove Conservation), di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, pada Sabtu 16 Desember 2017 yang lalu.

Galuh Wahyu Wicaksana, Ketua HMTI menerangkan, ini merupakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kami ingin mengajak masyarakat terbiasa dengan sikap produktif dan tidak konsumtif. Dengan tindakan kecil seperti pembuatan sabun pencuci piring sendiri yang ekonomis dan higienis,” paparnya kepada humas ITN, Senin (18/12).

Mahasiswa semester lima ini menuturkan, selain sebagai pengabdian kepada masyarakat kegiatan ini juga bertujuan untuk merekatkan ikatan persaudaraan antar mahasiswa. “Selain untuk berinteraksi sosial antar mahasiswa Teknik Industri, kami berharap mahasiswa juga bisa berinteraksi sosial dengan masyarakat,” terangnya.

Sebelumnya HMTI ITN sudah melakukan penanaman mangrove di area Pantai Clungup Mangrove Conservation, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan sabun pencuci piring.

“Bahan pembuatan sabun kami sediakan dan hasilnya dibagi-bagikan kepada warga yang mengikuti pelatihan,” tandasnya. (mer/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *